TOKOH SEJARAH

Tokoh Sejarah - Sepanjang sejarah peradaban manusia, kita mengenal ada banyak sekali pemimpin luar biasa. Hingga mereka wafat dan berabad-abad berlalu, berbagai tokoh bersejarah seperti Cleopatra masih dibicarakan dan abadi dalam berbagai bentuk. Tentunya mereka ada banyak sekali. Namun, jika mengambil beberapa, berikut ini 10 pemimpin hebat yang pernah berkuasa di zamannya.

1. Alexander The Great
Alexander dikenal sebagai salah satu pemimpin militer terbaik sepanjang masa karena kehebatannya dalam peperangan. Selama 13 tahun kepemimpinannya, Alexander telah mendirikan lebih dari 70 kota meliputi Persia, Asia Kecil, dan Makedonia. Dalam kepemimpinannya, dia menginspirasikan keberanian dan kesetiaannya dalam pasukan.

2. Genghis Khan
Genghis Khan merupakan pendiri Kekaisaran Mongol yang merupakan kekaisaran daratan terbesar yang pernah ada di dunia. Khan dikenal sebagai pemimpin militer yang hebat. Khan menanamkan sikap disiplin tetapi juga pemarah saat dikhianati.

3. Boudicca
Boudicca atau dikenal juga sebagai Boadicea dan Boudica ini merupakan istri dari pemimpin suku Celtic Iceni, Prasutagus. Boudicca dikenal karena memenangkan pertempuran melawan Legiun Kesembilan Romawi yang mencoba mengambil alih suku setelah kematian suaminya. Sebelum akhirnya dikalahkan oleh tentara Romawi pada tahun 60 M, Boudicca sempat menjarah beberapa kota di Inggris Romawi.

4. Mark Antony
Mark Antony merupakan politisi Romawi sekaligus kekasih Cleopatra, ratu Mesir. Mark Antony menjadi salah satu pemimpin hebat karena pidatonya yang membangkitkan semangat. Pidatonya yang menggunakan logika dan emosi ini dapat mempengaruhi orang-orang dan mengumpulkan warga Roma dan sekitarnya. Selain itu, ia juga dikenal membalikkan gelombang popularitas melawan orang-orang yang telah membunuh Julius Caesar.

5. Cleopatra VII
Cleopatra VII merupakan penguasa Mesir dari 51 SM - 30 SM. Pada saat laki-laki mendominasi untuk memerintah, ia justru mampu memberikan pengaruh pada Mesir. Cleopatra belajar bahasa Mesir yang sulit supaya dapat berinteraksi dengan rakyat.

6. Alaric the Visigoth
Alaric merupakan raja Visigoth, salah satu suku nomaden Jermanik dari tahun 394-410 M. Alaric menjarah kota Roma selama tiga hari pertama kali dalam hampir 800 tahun jatuh.

7. Cyrus the Great
Cyrus the Great merupakan pendiri Kekaisaran Achaemenid yang berpusat di Persia. Ia menjadi salah satu pemimpin hebat karena dikenal bijak dan banyak orang Persia memuji dia sehingga disebut sebagai pemimpin teladan dalam Cyropaedia.

8. Augustus
Augustus, atau yang awalnya dikenal sebagai Gaius Octavius ini merupakan pendiri Kekaisaran Romawi dan menjadi kaisar pertama. Ia mengalahkan Mark Antony dan Marcus Lepidus atas Roma dan kekaisarannya, maka ia dikenal sebagai ahli strategi militer yang hebat. Selain itu ia juga seorang politikus yang membantu mengubah Roma menjadi kota besar selama berabad-abad berikutnya.

9. Hannibal Barca
Hannibal merupakan seorang pemimpin militer yang meraih banyak kemenangan atas Romawi. Ia tumbuh bersama ayahnya dan terdidik membenci roma sejak muda sehingga selalu terlibat dalam pertempuran. Pasukannya mempercayainya sepenuhnya.

10. Tutankhamun
Tutankhamun menjadi salah satu pemimpin hebat melalui pencapaiannya yang dibuat selama sembilan tahun masa pemerintahan. Salah satu pencapaiannya yaitu mengembalikan agama politeistik tradisional Mesir. Keputusan itu membuatnya menjadi pemimpin yang diakui keberhasilannya. Tutankhamun meninggal di usia muda sekitar delapan belas atau sembilan belas.

Admin : Nur Hikmah




Previous
Next Post »