Asuhan Kebidanan Ibu Hamil

Translate this Article...


Asuhan kebidanan ibu I atau asuhan kehamilan adalah bantuan yang dilakukan oleh bidan kepada ibu hamil yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dengan sistematis serta melakukan proses yang disebut Managemen Kebidanan. Managemen kebidanan mendorong bidan menggunakan cara yang teratur dan rasional, sehingga mempermudah pelaksanaan yang tepat dalam memecahkan masalah pasien atau kliennya. Dan kemudian akhirnya tujuan mewujudkan kondisi ibu atau anak yang sehat dapat tercapai.

Bidan harus memiliki pola berfikir sistematis, berfikir secara analitik dan kritis dalam melihat permasalahan dan segala aspek yang mempengaruhinya, sehingga selanjutnya dapat secara angsung menentukan tindakan kebidanan yang efektif untuk dilaksanakan dalam upaya menolong pasien atau kliennya (Manajemen Kebidanan, 1995).

Adanya kematian maternal menimbulkan masalah bagi beberapa negara di dunia, terutama pada negara-negara miskin dan berkembang. Di negara-negara maju angka kematian maternal berkisa antara 5 – 10 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan di negara-negara sedang berkembang 750.000 per 100.000 kelahiran hidup. Tingkat kematian maternal di Indonesia diperkirakan sekitar 450 per 100.000 kelahiran hidup. Untuk itu diperlukan upaya pencegahan tingkat kematian maternal yang salah satunya adalah dengan pemeriksaan kehamilan dan pelayanan rujukan.

Pemeriksaan antenatal yang baik dan tersedianya fasilitas rujukan bagi kasus resiko tinggi dapat menurunkan angka kematian maternal. Patugas kesahatan seyogyanya dapat mengidentifikasi faktor-faktor resiko yang berhubungan dengan usia paritas, riwayat obstetri yang buruk dan perdarahan selama kehamilan. 

Mereka harus mampu memberi pengobatan pada penyakit-penyakit yang menyertai kehamilan, misalnya anemia,. Mereka juga harus mampu mengenal tanda-tanda dini infeksi, partus lama, perdarahan berlebihan dan mengetahui bilamana saat yang tepat untuk merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih lengkap.



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners