Cara Mengatasi Brick di Nokia Lumia Windows Phone

Translate this Article...

Cara Mengatasi Brick di Nokia Lumia Windows Phone

Era smartphone saat ini menuntut penggunanya untuk mengetahui beberapa aspek penting pada smartphone yang digunakan. Termasuk salah satunya adalah soal mengatasi problem software di smartphone.
Nokia Lumia Brick
Setelah beberapa sebelumnya Blog FastnCheap menampilkan tutorial mengatasi softbrick di smartphone android Samsung, kali ini kami akan menampilkan post bagaimana cara mengatasi Brick atau softbrick di smartphone Nokia yang menggunakan windows phone.
Brick atau softbrick pada windows phone biasanya ditandai dengan munculnya gambar gear yang berputar pada layar dalam waktu yang cukup lama. Itu terjadi saat pengguna Windows Phone mencoba melakukan reset phone melalui menu setting.
Sebelum melakukan langkah-langkah flashing via Nokia Software Updater (NSU), pastikan terlebih dahulu baterai dalam keadaan penuh. Metode terbaik adalah dengan melakukan charge lewat kabel USB PC atau notebook bukan pada charger biasa.
Berikut ini adalah langkah-langkah mengatasi brick atau softbrick di Nokia Lumia windows phone:
1. Download Nokia Software Updater (NSU)
2. Instal aplikasi Nokia Software Updater di PC atau Notebook anda
3. Jika sudah terinstal, buka aplikasi NSU
4. Pilih menu My device doesn�t boot up
1
5. Setelah itu akan muncul menu Recover windows phone 8 Device, ikuti saja petunjuknya
2
6. Tekan tombol volume down (-) dan tombol power secara bersamaan saat muncul gambar seperti di bawah ini
3
7. Jika proses menekan tombol volume down dan tombol power berhasil, maka otomatis NSU akan mendownload firmware Nokia Lumia dan biarkan prosesnya sampai selesai
Sebagai catatan, saat melakukan proses tersebut, tidak jarang yang mengalami kegagalan karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain seperti kondisi baterai yang tidak mencukupi, dan koneksi internet yang diharuskan stabil karena mendownload firmware cukup besar yaitu lebih dari 1 GB.
Metode di atas sudah kami praktekan pada smartphone windows phone Lumia 920. Saran kami adalah jangan dulu panik saat Nokia Lumia anda tidak booting secara normal dan menampilkan gear (pertanda terkena brick/softbrick). Jika dalam waktu lebih dari 2 jam tidak menyala normal, maka anda bisa meniru metode di atas dengan NSU.




Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners