Cara Mengatasi Persoalan "Damaged SD Card"

Translate this Article...

Cara Mengatasi Persoalan "Damaged SD Card"

sd-card-damaged
Beberapa minggu yang lalu saya mengalami permasalahan yang cukup serius, yaitu SD Card rusak secara mendadak, padahal saya nggak ngapa-ngapain. Notifikasi muncul dengan tulisan �SD card damaged. Try reformatting it.�, seketika itu saya bingung karena itu tiba-tiba datangnya, dan saya sadar data dalam SD card sudah nggak tertolong lagi. Mungkin masih bisa diambil datanya, tapi harus ditangani tenaga profesional sepertinya.
Karena sudah pasrah maka SD card saya format dengan Android, langsung saja saya buka pengaturan dan hasilnya nihil. Android nggak bisa memformat SD card, saya sudah berpikir bahwa ini memang  SD card-nya yang rusak. Akhirnya saya iseng coba memformatnya dengan komputer, waktu itu pakai sistem operasi Windows. Ternyata berhasil! SD card bisa diformat dan dipakai lagi!
SD card saya format dengan file system FAT biar bisa terbaca di Android, setelah itu SD card bisa digunakan lagi dengan lancar jaya.
Cara ini cuma berlaku buat yang sudah pasrah dan mengikhlaskan semua data yang ada dalam SD card lho ya, misalnya kamu masih punya data yang sangat penting ya mending melakukan usaha dulu biar datanya bisa dibackup.



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners