6 Cara Ampuh Mengatasi Internet Lemot Di Windows 11

Translate this Article...

Windows 11 - Apakah PC-mu mengalami masalah kecepatan Internet yang menjadi lambat setelah memperbarui sistem operasi menjadi Windows 11? Nah, kamu ternyata nggak sendirian. Mayoritas pengguna telah melaporkan masalah di mana Windows 11 menyebabkan Internet yang berjalan semakin lambat. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena pengaturan jaringan yang salah dikonfigurasi, driver yang ketinggalan zaman atau tidak kompatibel, masalah router, sinyal lemah, gangguan VPN atau layanan latar belakang apa pun, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara untuk mempercepat internet windows 11?

Di dunia digital seperti saat ini, Internet tentu adalah salah satu kebutuhan utama kita. Menghadapi perlambatan Internet bisa sangat mengganggu! Terutama ketika dibutuhkan waktu yang lama hanya untuk memuat situs web, atau ketika kamu harus mengalami kecepatan buffer yang lambat saat streaming konten video. Hal-hal seperti itu sering membuat frustasi.

Tetapi hal baiknya adalah kamu dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang terkait dengan Internet yang lambat dengan membuat beberapa perubahan cepat pada pengaturan perangkat yang kamu miliki.

Cara Mempercepat Internet Windows 11
Dalam posting ini, kami telah membuat beberapa daftar solusi yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki masalah “Kecepatan Internet yang Lambat pada Windows 11” dalam waktu singkat. Kamu dapat menggunakan salah satu peretasan pemecahan masalah yang tercantum di bawah ini untuk mempercepat koneksi internet di Windows 11. Simak di bawah bagaimana caranya!

1. Memulai ulang Perangkat
Tidak peduli seberapa sederhana solusi ini kedengarannya, tetapi me-reboot perangkatmu membantu memperbaiki kesalahan dan bug umum. Jika ada proses latar belakang yang mengganggu koneksi Internet, memulai ulang perangkat Kamu mungkin membantu dalam menyelesaikan masalah. 

Ketuk ikon Windows yang berada di Taskbar, tekan ikon “Power”, dan pilih opsi “Restart”. Tunggu hingga perangkat kamu melakukan boot ulang dan periksa apakah masalah telah teratasi.

2. Perbarui Driver Jaringan
Driver jaringan yang kedaluwarsa atau tidak kompatibel adalah alasan umum lainnya mengapa kamu mungkin menghadapi Internet yang lambat setelah memutakhirkan ke Windows 11. Untuk memperbarui driver jaringan secara manual di Windows, hal inilah yang harus kamu lakukan:
  • Tekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik “Devmgmt.msc” di kotak teks dan tekan Enter.
  • Ketuk “Network Adapters”. Sekarang, klik kanan pada driver jaringan dan pilih “Update Drivers”. 
  • Pilih opsi “Search automatically for drivers” sehingga Windows dapat mengambil pembaruan terbaru dari driver jaringan dari web.
  • Setelah memperbarui driver jaringan, buka browser web yang biasa kamu gunakan, kunjungi halaman web manapun dan periksa apakah kecepatan Internet telah meningkat.
Daripada memuaskan diri dalam kerumitan memperbarui driver secara manual, kamu bisa juga menggunakan solusi otomatis sebagai gantinya. Cobalah unduh dan instal alat utilitas Smart Driver Care di PC Windows untuk memperbarui driver secara otomatis. Smart Driver Care akan memindai perangkat kamu dan secara otomatis mengambil pembaruan terbaru untuk driver sistem yang usang, hilang, dan rusak. Hanya dalam satu klik, kamu dapat memperbarui semua driver usang untuk meningkatkan kinerja PC.

Untuk memperbarui driver menggunakan Smart Driver Care, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Langkah 1: Unduh dan instal alat Smart Driver Care.
  • Langkah 2: Luncurkan aplikasi dan klik tombol pindai Sekarang untuk memulai pencarian driver yang telah usang.
  • Langkah 3: Setelah pemindaian selesai, kamu akan mendapatkan daftar driver yang sudah ketinggalan zaman.
  • Langkah 4: Klik tombol perbarui semua untuk memperbarui driver yang sudah ketinggalan zaman.
3. Turunkan Bandwidth
Luncurkan aplikasi Pengaturan dan buka bagian “Windows Update”. Ketuk “Windows Update”.
  • Pilih “Advance Options”.
  • Pilih “Delivery Optimization”
  • Kemudian, nonaktifkan opsi “Allow downloads from other PCs”.
  • Ketuk pada pilihan “Advanced Options” yang berada di jendela “Delivery Optimization”.
  • Centang pada kedua kotak centang yang ditempatkan di bawah opsi “Absolute Bandwidth”.
  • Di bawah bagian “Percentage of  Measured Bandwidth”, seret penggeser hingga batas kapasitas bandwidth.
  • Menurunkan kapasitas bandwidth dapat membantu memperbaiki “Masalah Internet Lambat pada Windows 11”.
4. Jalankan Pemecah Masalah Koneksi Internet
Tekan ikon Windows yang ditempatkan di Taskbar dan pilih “Settings”. Lihat ke kategori “System” dari panel menu kiri dan kemudian ketuk “Troubleshoot”.
  • Pilih “Other Troubleshooters”.
  • Gulir daftar pemecah masalah bawaan yang tersedia dan cari “Internet Connection Troubleshooter”. Ketuk tombol “Run” yang ditempatkan di sebelahnya.
Ikuti petunjuk di layar untuk menjalankan pemecah masalah koneksi Internet di Windows 11 sehingga Windows dapat secara otomatis memindai dan mendiagnosis masalah mendasar dengan konektivitas yang buruk.

5. Nonaktifkan Layanan VPN
Apakah PC Windows-mu diinstal dengan layanan VPN apa pun? Jika ya maka kami lebih merekomendasikan kamu untuk menonaktifkan sementara layanan VPN. Lihatlah apakah dengan menonaktifkan VPN menyelesaikan masalah Internet yang lambat. Mungkin ada beberapa keadaan yang jarang terjadi di mana kecepatan penelusuran mungkin terhambat oleh gangguan layanan VPN.

6. Nonaktifkan Koneksi Terukur
  • Buka Setting apps dan kemudian pilih kategori “Network and Internet” dari panel menu kiri.
  • Ketuk WiFi. Pilih nama jaringan WiFi yang saat ini terhubung.
  • Nonaktifkan opsi “Metered Connection”.
Sumber :
Web Blog : Dialog Kebenaran




Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners