Amiga OS - Sistem Operasi Yang Berbasis Power PC

Translate this Article...

Sistem Operasi Amiga,adalah salah satu OS yang paling tua dan sistem operasi asli default dari komputer pribadi Amiga, versi mutakhir dari OS ini cukup modern. AmigaOS hanya dapat beroperasi di perangkat keras yang berbasis PowerPC pertama di kembangkan oleh Commodore International, dan awal di perkenalkan pada 1985, yaitu Amiga 1000. Hingga kemudian Sistem ini berjalan pada seri Motorola 68k dari mikroprosesor 16-bit dan 32-bit, kecuali untuk AmigaOS 4 berjalan pada mikroprosesor PowerPC.
 
Komponen AmigaOS terbagi menjadi:

1. Kickstart
Di dalam ROM mengandung kode yang di perlukan untuk booting perangkat keras Amiga standar dan banyak komponen inti AmigaOS. Kemudian Fungsi Kickstart sebanding dengan BIOS di tambah kernel Windows utama di dalam IBM PC compatible. Tetapi, Kickstart memberikan fungsionalitas yang lebih banyak pada saat boot dari pada yang sejenis yang di harapkan di PC, misalnya, lingkungan penuh jendela.Kickstar adalah Rom Boostrap.

2. Workbench
Workbench adalah file manager dan lingkungan desktop grafis asli AmigaOS. Meskipun Workbench istilah awalnya di gunakan untuk merujuk pada seluruh sistem operasi, dengan merilis AmigaOS 3.1 sistem operasi berganti nama AmigaOS dan kemudian Workbench mengacu pada desktop manager saja. Seperti namanya, metafora meja kerja yang di gunakan, bukan yang dari desktop; di rektori di gambarkan sebagai laci, file executable adalah alat, file data proyek dan widget GUI gadget.

3. Kernel
Exec adalah kernel multi-tasking dari AmigaOS. Exec menyediakan fungsionalitas untuk multi-tasking, alokasi memori, penanganan interupsi hingga penanganan shared library yang dinamis. Karena berfungsi sebagai scheduler untuk tugas-tugas yang berjalan pada sistem, menyediakan pre-emptive multitasking dengan prioritas penjadwalan round-robin.

4. AmigaDOS
AmigaDOS menyediakan bagian sistem operasi disk dari AmigaOS. Ini termasuk file sistem, berkas hingga manipulasi direktori, baris perintah antarmuka, berkas pengalihan, jendela konsol, dan sebagainya. Antarmuka yang menawarkan fasilitas seperti perintah pengalihan, pipa, scripting dengan pemrograman primitif terstruktur, hingga sistem variabel global dan lokal.

5. Graphic User Interface (GUI)
Sistem antarmuka Amiga yang asli di sebut Intuition, yang menangani masukan dari keyboard dan mouse hingga rendering layar, jendela dan widget dasar.

6. Diagram Sistem AmigaOS
Hingga Diagram di atas menunjukkan bagaimana seluruh sistem operasi Amiga di bangun sebagai pohon di mulai dari Sysbase. Hingga Exec terus menghubungkan semua daftar perpustakaan sistem, perangkat, memori, tugas dan struktur data lainnya. Masing-masing pada gilirannya dapat memiliki variabel sendiri dan daftar terkait struktur data yang di bangun di atasnya

Sumber :
Web Blog : Asisten Pengacara
https://asistenpengacara.blogspot.com/



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners