Ini Dia 10 Daftar Pakaian Dan Busana Asli Indonesia

Translate this Article...

 

Pakaian dan Busana Asli Indonesia
  • Batik, adalah teknik pewarnaan tahan lilin yang diterapkan pada seluruh kain, sering menggunakan canting sebagai alat untuk menerapkan lilin panas cair untuk membuat motif. Meskipun teknik tahan-lilin yang serupa ditemukan di beberapa negara, batik Indonesia, bagaimanapun, mungkin yang paling terkenal.
  • Songket, adalah tenunan tangan dari sutera atau katun, dan dengan pola yang rumit dengan benang emas atau perak. Indonesia mungkin memiliki tradisi terkaya seni tenun brokat ini.
  • Ikat, adalah teknik pewarnaan yang digunakan untuk membuat pola tekstil yang menggunakan pewarnaan pada benang sebelum pewarnaan dan menenun kain. Tradisi ikat sangat lazim di Indonesia Tengah dan Timur, terutama di Pulau Sumba, Flores, dan Timor.
  • Tapis, gaya tenun tradisional dari Lampung, Indonesia. Kata tapis juga mengacu pada kain yang dihasilkan. Terdiri dari kain bergaris-garis, berwarna alami yang dibordir dengan benang emas yang melengkung dan dipan.
  • Ulos, kain katun yang dirajut secara tradisional, dan bermotif rumit, khusus untuk suku Batak di Sumatera Utara biasanya digantung di bahu pada acara-acara tradisional.
  • Kebaya, blus-gaun tradisional, kostum nasional Indonesia, meskipun lebih akurat endemik bagi orang Jawa, Sunda dan Bali.
  • Sarung, kain berbentuk tabung yang panjang, sering digunakan untuk melilit pinggang.
  • Peci, topi yang banyak dipakai di Indonesia, Malaysia dan Brunei, sebagian besar di kalangan pria Muslim. Di Indonesia peci juga dapat dikaitkan dengan gerakan sekuler nasionalis.
  • Tutup kepala pria tradisional Indonesia, berbagai topi tradisional Indonesia, tutup kepala atau hiasan kepala dikenakan oleh pria Indonesia dalam suasana tradisional. Contoh penting termasuk blangkon Jawa, iket Sunda, kupiah Aceh, tanjak Melayu, udeng Bali, and beluko Dayak.
Sumber :

Web Blog : Asisten Pengacara



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners