Ini Dia Perbedaan Mencolok Windows 10 dan Windows 11

Translate this Article...


Perbedaan Windows 10 dan Windows 11
Sebagai versi terbaru, Windows 11 tentu memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu Windows 10, baik dari segi user interface, widget, maupun fitur-fitur lain yang diusungnya. Walaupun demikian, adanya peningkatan yang dibawa oleh Windows 11 tentu akan semakin memudahkan para pengguna komputer dan laptop dengan sistem operasi Windows. 

Bagi kamu yang ingin melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11, sebaiknya ketahui terlebih dahulu perbedaannya biar kamu lebih yakin. Adapun beberapa perbedaan antara Windows 10 dan Windows 11 yang harus kamu tahu, antara lain sebagai berikut.

1. Task Menu dan Taskbar
Task menu dan taskbar adalah salah satu perbedaan yang sangat mencolok antara Windows 10 dan Windows 11 yang dapat kamu lihat secara kasat mata. Task menu dan task bar pada Windows 11 memiliki kesan yang lebih clean, dan apabila diperhatikan dengan seksama, fitur ini hampir menyerupai fitur yang terdapat pada Chrome OS dan MacOS karena terletak di sisi tengah.

Walaupun memiliki tampilan yang lebih clean, namun kamu pengguna komputer dan laptop dengan Windows 10 tidak perlu khawatir, karena beberapa fitur yang terdapat pada start menu Windows 10 masih bisa kamu temukan di task menu dan taskbar ini. Nggak cuma itu, dengan tampilan yang lebih clean, maka task menu dan taskbar pada Windows 11 menjadi lebih mudah dioperasikan.

Selain itu, salah satu fitur yang sebelumnya dimiliki oleh Windows 10, yaitu Cortana saat ini tidak bisa kamu temukan pada task menu dan taskbar di Windows 11. Biarpun begitu, kamu nggak perlu khawatir, karena Windows 11 juga menyediakan banyak fitur yang gak kalah menarik yang bisa kamu coba untuk menemani berbagai aktivitasmu.

2. Performa
Dari sisi performa, tentu sistem operasi yang paling baru, yang dalam hal ini adalah Windows 11 akan menawarkan performa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Windows 10. Sebagai contoh, Windows 11 lebih efisien dalam hal penggunaan sumber daya dibandingkan dengan Windows 10, baik sumber daya CPU maupun sumber daya RAM.

Adapun contoh lain adalah saat kamu membuka aplikasi melalui komputer dan laptop dengan Windows 11. Saat membuka aplikasi, maka sistem akan memberikan daya CPU yang lebih tinggi, sehingga kamu tetap dapat membuka aplikasi dengan lancar, cepat, dan tanpa kendala walaupun Windows 11 sedang menangani beban kerja yang tinggi.

Nggak cuma itu, jika kamu membuka Microsoft Edge di Windows 11, maka kamu akan menghemat penggunaan sumber daya CPU sekitar 37% dan RAM sekitar 32%, lebih efisien jika dibandingkan dengan Windows 11, dan hal ini tentu akan mengurangi beban kerja PC kamu. Namun, seiring dengan adanya update yang nanti akan dilakukan terhadap Windows 11, kemungkinan akan lebih banyak lagi kelebihan yang akan ditawarkan dan bisa kamu rasakan jika kamu menggunakan versi Windows terbaru ini.

3. Fitur Multitasking
Kemampuan multitasking merupakan salah satu hal utama yang menjadi pembeda antara Windows 10 dan Windows 11 yang bisa kamu rasakan jika kamu pengguna komputer dan laptop dengan Windows 11. Hal ini dikarenakan, Windows 11 menghadirkan salah satu fitur yang sangat inovatif bernama snap windows.

Dengan fitur snap windows, kamu bisa memisahkan lebih dari satu jendela secara otomatis, padahal di Windows 10, kamu harus melakukannya secara manual. Nggak cuma itu, fitur snap windows tersebut juga akan menjadi lebih fungsional bagi kamu pengguna laptop hybrid, karena sistem operasi ini sangat nyaman digunakan, baik pada mode laptop maupun tab.

Sumber :




Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners