Penyebab Laptop Sering Mati Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya

Translate this Article...

Tips Komputer - Laptop tiba-tiba mati saat dipakai bekerja atau mengerjakan tugas tentu bikin panik dan pasti kesal. Umumnya kondisi ini karena laptop terlalu panas. Selain itu, ada faktor lain yang membuat laptop tiba-tiba mati bisa karena daya listrik, baterai, komponen hardware error atau masalah sistem operasi. 

Berikut ini enam penyebab laptop tiba-tiba mati dan solusinya.
  • Laptop Overheat - Overheat atau kondisi laptop terlalu panas ini merupakan penyebab yang paling sering ditemui. Hal ini bisa terjadi karena laptop dipaksa kerja keras. Selain itu, menyambungkan laptop ke ke monitor atau tv juga bisa membuat laptop overheat sehingga tiba-tiba mati.
  • Masalah Baterai - Baterai yang bermasalah bisa menyebabkan laptop tiba-tiba mati. Hal ini karena daya baterai cepat habis dan tidak bisa bertahan tanpa dicolok charger.
  • Charger - Selain baterai, charger atau pengisi daya juga bisa menjadi pemicu laptop mati secara tiba-tiba. Biasanya ini terjadi karena charger rusak dan tidak mampu mengisi daya sehingga baterai laptop yang sudah lemah daya bisa mati kapan saja.
  • Prosesor - Sebagai hardware yang penting di laptop prosesor juga bisa memicu laptop berhenti beroperasi. Hal ini karena performa prosesor menurun dan menyebabkan layar laptop tiba-tiba mati.
  • Motherboard Rusak - Gangguan pada hardware lainnya yang bisa membuat laptop mati tiba-tiba adalah kerusakan pada motherboard. Jika terjadi kerusakan pada motherboard berdampak pada semua komponen termasuk baterai sehingga laptop bisa mati mendadak meski kapasitas baterai penuh.
  • Sistem Operasi Error - Selain hardware, sistem operasi yang error juga bisa mengakibatkan laptop mati secara mendadak tanpa notifikasi. Hal biasanya terjadi ketika menginstal driver yang tidak kompatibel.
Solusi Laptop Mati Tiba-Tiba
  • Dinginkan Laptop - Apabila laptop overheat maka solusinya dinginkan sementara laptop. Kamu juga bisa sementar tidak menyambungkan laptop ke monitor atau tv apabila itu menyebabkan laptop kepanasan.
  • Rutin Bersihkan Laptop - Hal lain yang bisa dilakukan adalah rutin membersihkan laptop terutama pada ventilasi udara. Biasanya terdapat debu-debu yang menempel sehingga mempengaruhi kinerja kipas yang bertugas mendinginkan laptop.
  • Update Sistem Windows atau mac OS - Jika ada masalah dengan sistem operasi Kamu bisa melakukan update terbaru baik untuk Windows maupun mac OS. Selain itu, kamu juga bisa mengupdate driver jika tidak kompatibel.
  • Ganti Baterai - Selanjutnya Kamu bisa mengganti baterai jika memang menjadi biang masalah laptop tiba-tiba mati. Sebelum itu, cek kesehatan baterai jika mengalami kerusakan atau penurunan performa maka segera ganti.
Sumber :
Web Blog : Sidrap Gaul



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners