Tips Lengkap Cara Merawat Komputer Dengan Benar

Translate this Article...

Tips Komputer - Kualitas komputer sendiri menjadi faktor utama yang memengaruhi kinerjanya. Meskipun harga dan merek dapat berpengaruh, namun kualitas tetap menjadi aspek utama. Cara perawatan juga turut berperan penting. Rajin membersihkan dan merawat komputer akan meningkatkan kinerjanya seiring waktu. Berikut adalah beberapa tips merawat dan membersihkan komputer atau laptop dengan baik:

1. Menutup Program yang Tidak Dipakai dan Kontrol suhu ruangan
Menutup program atau aplikasi yang tidak digunakan dapat mengoptimalkan penggunaan memory (RAM) dan mencegah kinerja komputer menjadi lambat. Pastikan ventilasi mencukupi, dan pasang kipas angin dekat CPU serta monitor untuk mencegah pemanasan berlebih.

2. Instal Antivirus dan Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai
Pasang program antivirus untuk melindungi komputer dari virus, dan selalu lakukan update secara berkala untuk menghindari serangan virus baru. Menghapus program yang tidak terpakai akan menghemat ruang harddisk dan mencegah kinerja komputer menjadi lambat.

3. Gunakan Stabilizer atau UPS dan Rutin Bersihkan Komputer
Pemakaian UPS dan stabilizer dapat melindungi komputer dari kerusakan yang disebabkan oleh pemadaman listrik atau fluktuasi tegangan. Rutin membersihkan komputer dari debu dengan menggunakan kuas halus akan mencegah kerusakan akibat penumpukan debu.

4. Matikan Komputer Saat Hujan dan Pakailah Kabel Ground
Matikan komputer saat hujan untuk menghindari risiko tersambar petir, terutama jika terhubung dengan jaringan wireless atau modem. Menggunakan kabel ground dapat menetralisir arus listrik yang berpotensi membahayakan dan membuat komputer lebih awet.

5. Mematikan Komputer dengan Benar dan Besihkan File Sampah
Matikan komputer sesuai prosedur yang benar untuk mencegah kerusakan dan menjaga daya tahan komputer. Hapus file atau folder yang tidak diperlukan secara permanen untuk menghemat ruang harddisk.

6. Mengaktifkan Fitur Restore
Aktifkan fitur sistem restore untuk menjaga performa komputer, terutama jika terjadi masalah, dengan langkah-langkah yang mudah diatur dalam pengaturan komputer.

Semoga tips ini membantu dalam merawat komputer dengan baik dan memperpanjang usia serta kinerjanya.

Sumber :
Web Blog : Tau Kasiasi



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners