Assesment/Diagnosa Kehamilan

Translate this Article...



Assesment/Diagnosa

Berdasakan data subyektif dan obyektif, dapat kita ketahui bahwa ibu tersebut :
Hamil
Yang dapat diketahui dari tanda-tanda sebagai berikut :
  • Pembesaran perut : Pembesaran perut ini dapat diketahui atau kita palpasi pada umur kehamilan 3 bulan, sehingga pada usia kehamilan tersebut perut ibu mulai membesar.

  • Pembesaran uterus : Perubahan bentuk serta konsistensinya pada pemeriksaan uterus kita lakukan dengan periksa dalam sehingga dapat diraba uterusnya membesar dan tidak rata, makin lama makin bundar biasanya disebut tanda piskacek. Konsistensi rahim menjadi lunak saat hamil, dibagian istmus uteri yang dapat kita rasakan bisa kita menggunakan 2 jari dalam fomix posterior dengan tangan satu memegang/menekan dinding perut tepatnya atas symphisis. Itsmus tidak teraba dan berbeda sekali seolah sangat terpisah dari corpus uteri, tanda ini disebut dengan tanda Hegar.

  • Perubahan pada serviks
    Serviks pada wanita tidak hamil terasa kasar namun lunak pada wanita hamil seperti ujung daun telinga.
  • Hiperpigmentasi kulit
    Pada ibu hamil hiperpigmentasi dapat kita temukan pada wajah, mammae terutama papilla dan areola. Pada wajah dikenal dengan chloasma gravidarum dan biasanya pada perut ibu hamil terdaat linea nigra berupa garis hitam.

  •  Mual dan muntah : Dapat bahkan sering terjadi pada ibu hamil, terutama pada saat usia kehamilan pada trimester.
  • Sering kencing : Pada ibu hamil trimester I, uterus yang mengalami pembesaran dapat menindih kandung kemih sehingga ibu hamil akan cenderung sering buang air kecil.

  • Tanda chadwick : Warna keunguan pada selaput lendir vagina dan vulva
  • Tes Hcg (+) : Pembesaran rahim arus dibedakan dari tumor dalam rongga perut dan keinginan ibu yang ingin sekali hamil (pseudocyesis). Biasanya pseudocyesis ini memiliki tanda-tanda :Perut besar dan Pasien seolah-olah merasakan gerakan-gerakan diperutnya tapi setelah diperiksa atau tanda-tanda pasti ditemukanBiasanya kondisi ini disebut kehamilan palsu



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners