Cara Menonaktifkan Fitur Smartscreen Windows 8.1

Translate this Article...

Cara Menonaktifkan Fitur Smartscreen Windows 8.1

Sebuah fitur yang diaktifkan secara default pada Windows 8.1 memang dimaksud untuk keamanan pengguna. Salah satunya adalah fitur keamanan terbaru Smartscreen. Fitur ini akan memperingatkan para pengguna ketika akan menginstal aplikasi yang dianggap berbahaya pada PC. Walaupun dirancang untuk memberikan proteksi lebih pada pengguna, terkadang fitur ini cukup mengganggu.
tips windows 8.1
Jika pengguna ingin menginstal aplikasi third party yang aman, terkadang Smartscreen tetap akan menghalangi pengguna melalui peringatan yang dikeluarkan. Untuk menghindari hal ini, fitur ini harus dimatikan, agar pengguna dapat melanjutkan instalasi dari aplikasi yang dimaksud.

Langkah yang harus dilakukan tidaklah mudah, mengingat fitur ini menyangkut keamanan PC. Berikut adalah langkah untuk mematikan Smartscreen, beserta dengan sederet langkah antisipasi ketika salah satu portal keamanan dimatikan:
  • Login pada PC dengan menggunakan akun Administrator. Buka opsi Control Panel (dapat dilakukan dengan shortcut Windows key + X, lalu Control Panel.) cara mematikan smartscreen
  • Masuk ke opsi System and Security. Setelah itu, klik pada Action Center.
cara mematikan smartscreen
  • Pada bagian kiri windows Action Center, klik Change Windows Smartscreen Settings.
cara mematikan smartscreen
  • Sebuah windows pop-up baru akan muncul, dimana akan ada tiga opsi yang dapat dipilih oleh pengguna. Turn on SmartScreen and require Administrator approval, Turn on SmartScreen and don�t require Administrator approval danTurn off SmartScreen, Pilihlah opsi paling akhir yang ada, lalu klik bagian Don�t do anything (turn off Windows SmartScreen.)
cara mematikan smartscreen
  • Setelah melalui langkah itu, klik OK untuk menyimpan setup opsi SmartScreen ini.
  • Ketika fitur ini dimatikan, sebuah pop-up balon yang menginformasikan perubahan setup ini akan selalu keluar di bagian Taskbar. Jika balon ini dirasa menyebalkan, maka klik Action Center Icon pada Taskbar.
cara mematikan smartscreen
  • Setelah masuk ke opsi ini, klik kembali Open Action Center. Setelah itu, klik Turn off messages about Windows SmartScreen. Balon pop-up ini tidak akan keluar lagi mengganggu pemandangan.
cara mematikan smartscreen
Untuk mengaktifkan kembali, ikuti langkah sampai nomor 4, lalu pilih kedua opsi pengaktifan sesuai kebutuhan. Bagaimana, ada kesulitan sampai di langkah terakhir ini? Semoga semuanya lancar dan bisa mengikuti tips cara menonaktifkan smartscreen di Windows 8.1 yang tergolong baru.





Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners