Cara Optimalkan Mac OS Agar Performa Semakin Ngebut

Translate this Article...

Tips Untuk Optimalkan Mac OS - Mac OS X merupakan gabungan secara aestetik dan minimalis membuat para pengguna bisa memakainya berjam-jam. Walaupun sudah teroptimalkan, kadang-kadang Mac dapat bekerja menjadi lambat karena beberapa hal. Berikut di bawah ini tips untuk mengoptimalkan performa OS X:.
  • Desktop Bersih, dimana membiarkan folder-folder di desktop, maka dapat menambah beban komputer ketika ingin menampilkan tampilan layar, yang artinya ini akan memperlambat kinerja komputer. Kamu. Untuk itu disarankan membuatl sebuah folder bernama “Archive”, lalu simpan semua data dan folder ke folder Archive itu.
  • Buang Aplikasi Sampah, jika terdapat aplikasi yang tidak pernah dipakai dalam waktu yang lama, misalnya dalam 2 bulan terakhir. Maka jika memang tidak diperlukan lebih baik lakukan uninstall aplikasi tersebut dengan menggunakan program App Cleaner, sehingga Mac OS dapat berjalan dengan lebih cepat.
  • Faktor utama dalam startup yang lambat karena banyaknya startup di komputer. Untuk itu cek startup item, caranya pergi ke System Preferences->Accounts->Login Items,laluhapus dari yang tidak diinginkan dijalankan ketika startup. 
  • Pilih Satu Bahasa, dimana pada aplikasi OS X sering disertai beberapa bahasa, ketika proses instalasi. Maka jika Kamu tidak menggunakan bahasa Jerman, Jepang dan bahasa luar lainnya. Maka Gunakan saja Monolingual untuk membuang data bahasa yang ukurannya lumayan besar.
  • Tidak mengaktifkan Dashboard karena setiap widgets yang dipasang nantinya mengambil resource memory komputer. Sehingga direkomendasikan batasi penggunaan widget atau matikan Dashboard apabila emang sedang tidak diperlukan, hal ini akan mempercepat Mac OS Kamu. Caranya mematikan dashboard, jalankan aplikasi Terminal (Cari dengan Spotlight), lalu masukkan kode: "defaults write com.apple.dashboard mcx-disabled -boolean YES && killall Dock". Untuk menyalakan Dashboard kembali, maka dapat dengan memasukkan kode: "defaults write com.apple.dashboard mcx-disabled -boolean NO && killall Dock". Untuk mendapatkan efek maka perlu melakukan restart Dock.
  • Kamu sebenarnya tidak perlu aplikasi untuk monitor RAM, Memory dan yang sebagainya, dimana Kamu hanya cukup menggunakan Activity Monitor, maka sudah dapat melakukan monitor pada semua proses yang beberapanya disebutnya sebelumnya.
  • Bersihkan Harddisk, dari data-data yang tidak dibutuhkan untuk menghapusnya atau mungkin dapat disimpan di external harddisk. Sehingga ini akan memberi "nafas" bagi ruang untuk komputer untuk bekerja dengan lebih cepat.
Sumber :




Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners