Kelebihan Sistem Operasi Mac OS Yang Perlu Anda Ketahui

Translate this Article...

Sistem Operasi - Mac OS atau singkatan dari Macintosh Operating System merupakan serial dari sistem operasi yang berbasis grafik, dibuat dan terus dikembangkan oleh Apple Inc. untuk komputer dengan sistem Machintosh, dan tidak kompatibel dengan basis IBM. Sistem operasi ini awalnya diperkenalkan tahun 1984, adapun nama Mac OS sendiri baru digunakan pada tahun 1996.

Mac OS menjadi populer dan memiliki pengguna setia karena kelebihannya yang mendesain konsep grafik yang terlihat elegan. Mac OS juga menjadi sistem operasi yang pertama kali menggunakan konsep Graphical User Interface (GUI). Para pendiri dan pengembang dari OS ini yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS menjadi salah satu raksasa sistem operasi yang sangat populer hingga saat ini. Mac OS X saat ini menjadi versi terbaru dari Mac OS. Dan karakter “X” ini seperti diketahui banyak orang merupakan nomor Romawi yang artinya sepuluh. Sehingga sistem operasi versi ini menjadi penerus dari Mac OS 8 dan Mac OS 9. Mac OS X mempunyai kelebihan maupun kekurangan. Langsung saja berikut di bawah ini penjelasannya.

Kelebihan Mac OS X
  • Terdapat fitur Time Machine yang berguna untuk melakukan backup pada sistem, serta perubahan data yang terjadi secara otomatis
  • Pengguna dapat mencari data harddisk, jaringan LAN dan Internet dengan mudah, yaitu dengan hanya memasukan kata kunci.
  • Memiliki sistem keamanan yang sangat baik, dimana sulit untuk diserang program jahat virus, malware, dan spyware.
  • Tampilan Mac OS X terlihat lebih glossy dan elegan, sehingga sistem operasi sangat cocok untuk dunia desain dan multimedia.
  • Kemampuan shutdown yang cepat, dimana hanya memerlukan waktu selama 4 detik saja.
  • Dapat mengetahui tentang file yang diperuntukan untuk windows.
  • Kemampuannya yang lebih stabil karena menggunakan UNIX.
  • Dapat melakukan multitasking, yaitu menjalankan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu.
  • Dokumen yang Kamu buat di sistem operasi Mac, dapat dibuka pada OS yang lainnya, demikian juga sebaliknya, sehingga Kamu tidak akan kesulitan ketika menghadapi format seperti PDF, HTML, MP3, TEXT, .DOC, .XLS dan lainnya.
  • Open source code pada Mac OS ternyata sulit untuk dibajak pihak.
  • Kemampuan melakukan backup system yang sedang berjalan secara otomatis, dan perubahan-perubahan yang terjadi pada data.
  • Kekebalan dari serangan virus, spyware, dan program jahat lainnya yang sangat baik, sehingga karena alasan inilah Mac OS cukup populer dengan digunakan jutaan orang di seluruh dunia, karena sangat ampuh untuk menghindari serangan virus.
  • Mac OS mudah digunakan dan juga mudah dipelajari. Kemudian juga mempunyai jaminan support hardware yang jelas.
Sumber :
Web Blog : Senior Kampus



Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners