Kelebihan OS Linux Dibanding OS Komputer Lainnya

Translate this Article...

Kelebihan Linux
Linux menawarkan beragam kelebihan yang menjadikannya sebagai sebuah sistem operasi yang superior dan bisa menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan di komputer desktop maupun server. Berikut beberapa kelebihan Linux sebagai sistem operasi gratis.

1. Open Source
Linux adalah salah satu sistem operasi yang didistribusikan dengan lisensi open source, yang berarti kode sumber dari kernel Linux didistibusikan secara terbuka, bisa dilihat oleh siapapun untuk dipelajari, dimodifikasi dan dikembangkan sesuai kebutuhan.

2. Free
Selain didistribusikan dengan lisensi open source, Linux juga didistribusikan secara free. Artinya, Anda tidak perlu membayar lisensi tertentu untuk bisa menggunakan sistem operasi Linux. Kondisi ini menjadikan Linux sebagai sistem operasi yang ideal untuk membangun sebuah sistem yang ekonomis dan terjangkau oleh semua kalangan.

3. Efisien
Dibandingkan dengan sistem operasi populer lain seperti Windows dan Mac OS, Linux adalah sistem operasi yang efisien sehingga ringan untuk dijalankan dalam perangkat keras dengan spesifikasi yang minimal. Dengan konfigurasi yang paling efisien, Linux bisa berjalan dengan lancar pada perangkat komputer dengan prosesor single core dan memory (RAM) di bawah 2 GB. Karena sifatnya yang ringan dan efisien, Linux menjadi sistem operasi yang cocok digunakan dalam infrastruktur server.

4. Fleksibel
Linux adalah sistem yang bersifat modular, bisa dibongkar pasang dengan komponen-komponen tertentu yang spesifik sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, di lingkungan desktop, Linux menawarkan beragam desktop environment dengan karakter yang spesifik, untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Anda bisa memilih desktop dengan tampilan mewah, ataupun memilih desktop dengan tampilan minimalis yang tidak memerlukan resource yang tinggi.

5. Aman
Dibandingkan sistem operasi yang lain, desain sistem Linux relatif lebih aman. Direktori sistem dan direktori kerja user dipisah dengan pembatasan ketat menggunakan sistem permission (hak akses), yang dilindungi oleh password. Selain itu, aplikasi Windows tidak bisa berjalan di sistem Linux, sehingga malware dari lingkungan Windows juga tidak bisa berjalan di Linux. Semua kombinasi unik tersebut, menjadikan Linux sebagai sistem operasi yang relatif lebih aman dibanding yang lain.

6. Beragam Pilihan Distribusi
Karena sifatnya yang fleksibel dan bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan, banyak developer meracik dan menciptakan sistem operasi custom mereka sendiri dengan berbasis kernel Linux. Sistem operasi custom berbasis Linux inilah yang kemudian dikenal sebagai distribusi Linux.

Berdasarkan statistik dari DistroWatch, saat ini ada sekitar 273 distribusi Linux yang masih aktif. Meskipun sebagian besar distribusi Linux merupakan fork atau variasi dari distribusi Linux yang lain, pilihan OS berbasis Linux yang ada saat ini memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih distribusi yang sesuai kebutuhan.

7. Update Yang Teratur
Linux memiliki basis komunitas pengembang yang sangat besar, tersebar di seluruh dunia. Komunitas pengembang Linux dipayungi oleh sebuah organisasi nirlaba bernama Linux Foundation, yang dipimpin langsung oleh penciptanya, yaitu Linus Torvalds.

Karena memiliki basis pengembang yang besar, kernel Linux selalu dilakukan proses pengembangan dan update secara teratur dan relatif cepat. Oleh karenanya, bug-bug dalam Linux bisa ditangani dan di-patch dalam waktu yang relatif cepat, tidak lama setelah ditemukan.

Sumber :
Web Blog : Andi Akbar Muzfa




Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners