Laptop Baru, Wajib Instal 5 Aplikasi Penting ini Gan

Translate this Article...

Aplikasi - Saat membeli gadget baru, Anda mungkin bingung apa saja aplikasi yang harus ada di laptop untuk mempermudah pekerjaan? Pasalnya, memiliki software laptop atau aplikasi sesuai spesifikasi laptop bisa membantu menunjang pekerjaan serta mengoptimalkan kinerja perangkat Anda. Nah, untuk mengetahui daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru, yuk simak artikel tentang aplikasi penting di laptop berikut!

1. Internet Browser
Salah satu aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa adalah internet browser, seperti Google Chrome atau Microsoft Edge. Google Chrome merupakan salah satu internet browser yang paling banyak diminati oleh pengguna laptop atau komputer. Sebab, Google Chrome memiliki tampilan yang sederhana dan tersedia banyak ekstensi untuk membantu menunjang pekerjaan.

Namun sayangnya, Google Chrome memakan kapasitas memori yang cukup besar. Akibatnya, laptop dengan spesifikasi PC rendah akan terasa berat saat menjalankan software tersebut. Maka dari itu, jika memiliki laptop dengan kapasitas RAM yang rendah, Microsoft Edge bisa menjadi alternatif internet browser untuk perangkat Anda. Pasalnya, aplikasi browser ini ringan saat dijalankan dan tidak boros baterai.

2. Microsoft Office
Microsoft Office adalah salah satu daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru, terlebih lagi jika Anda merupakan seorang karyawan atau mahasiswa. Pasalnya, saat download aplikasi di laptop setelah instal ulang ini, Anda juga memperoleh sejumlah software bawaan dari Microsoft Office. 

Adapun beberapa jenis aplikasi wajib laptop di bawah naungan Microsoft Office adalah sebagai berikut.
  • Microsoft Word, yaitu aplikasi pengolah kata
  • Microsoft Excel, yaitu aplikasi pengolah angka yang telah dilengkapi dengan fitur pembuatan grafik.
  • Microsoft PowerPoint, yaitu aplikasi yang membantu Anda untuk membuat presentasi.
  • Microsoft OneNote, yaitu aplikasi yang bisa digunakan sebagai buku catatan digital.
  • Microsoft OneDrive, yaitu aplikasi wajib di laptop yang membantu menyimpan, melindungi, dan membagikan dokumen atau file penting dalam perangkat Anda.
  • Microsoft Outlook, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan, menyimpan kontak, melacak tugas, serta mengelola kalender.
  • Microsoft Teams, yaitu aplikasi wajib di laptop yang bisa membantu pekerjaan hybrid atau remote untuk melakukan konferensi secara virtual.
3. Aplikasi Antivirus
Selain beberapa software di atas, Anda juga perlu download aplikasi di laptop yang harus ada untuk membersihkan virus atau malware. Pasalnya, virus dan malware bisa merusak keamanan laptop beserta dokumen-dokumen di dalamnya. Untuk itu, Anda perlu menginstal aplikasi antivirus, seperti Avast AntiVirus, SmadaV, Windows Security, Kaspersky, atau McAfee.

Adapun tujuan melakukan instalasi aplikasi antivirus adalah untuk mendeteksi serta melindungi perangkat Anda dari virus dan malware.

4. Aplikasi Pemutar Video
Daftar aplikasi di laptop yang harus ada berikutnya adalah software pemutar video. Pada dasarnya, setiap pengguna laptop membutuhkan hiburan untuk menghilangkan rasa penat akibat rutinitas yang padat, seperti menonton film. Untuk itu, aplikasi pemutar video menjadi salah satu kebutuhan dalam menonton film. 

Adapun sejumlah jenis aplikasi pemutar video yang bisa menjadi pilihan Anda adalah GOM Player, VLC Media Player, KMPlayer, dan Media Player Classic.

5. Ccleaner Free
Ccleaner Free juga termasuk salah satu aplikasi yang harus ada di laptop setelah instal ulang. Pasalnya, aplikasi di laptop ini bisa membantu mendeteksi sampah yang dapat membuat perangkat Anda berjalan lambat. Beberapa sampah yang bisa dibersihkan oleh aplikasi ini umumnya berada dalam penyimpanan drive C, seperti file temporary, cache browser, dan registry pada Windows 10.

Di samping itu, aplikasi ini juga menyediakan versi gratis dan berbayar. Dengan menggunakan versi gratisnya, Anda sudah bisa menikmati sejumlah fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya.

Sumber :
Web Blog : Andi Akbar Muzfa




Previous
Next Post »
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2015 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 015182166, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2015.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners